13 Agustus 2009

Pameran Ikan Hias


INAGOBEC - Indonesian Goldfish & Betta Splendens Contest 2009

Ada yang menarik menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 64. Pihak Raiser Cibinong sebagai wadah dalam pengembangan ikan hias di Indonesia kembali mengadakan Pameran dan Bursa ikan hias yang rencananya diselenggarakan pada tanggal 14-16 Agustus 2009. Kali ini tema yang diusung adalah INAGOBEC - Indonesian Goldfish & Betta Splendens Contest 2009. Kontes yang dilaksankan di tekankan pada ikan hias yang mememiliki perangai suka memamerkan sirip-siripnya dan menonjolkan tutup insang saat bertemu ikan lainnya. Ikan tersebut dikenal dengan ikan cupang atau dengan nama dagang yang secara umum dikenal dengan betta splendes serta kontes ikan mas koki (gold fish). Menurut informasi panitia pameran tersebut dilakukan setiap satu tahun sekali sebagai bagian dari kegiatan Departemen Kelautan dan Perikanan RI, sebagai agenda kegiatan tahunannya.

Jadi di even Raiser Expo ini menjadi kesempatan yang berharga bagi produsen dari produk-produk diatas guna mendekatkan produknya kepada konsumen. Pasalnya para pelaku dunia ikan hias pada berkumpul di even ini. Seperti para pembudidaya ikan, pedagang ikan hias, importer-eksportir ikan hias termasuk dari kalangan penentu kebijakan pemerintah di lingkungan Departemen Kelautan dan Perikanan DKP. Serta beberapa instansi litbang pemerintah yang melakukan penelitian terhadap ikan-ikan asli indonesia yang memeliki potensi untuk dikembangkan menjadi komoditas ikan hias Indonesia seperti yang dilaksankan oleh Pusat Penelitian Limnologi-LIPI. Badan Litbang yang berada di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia tersebut setiap tahunnya selama dua tahun pelaksanaan kegiatan expo ikan hias yang diselenggarakan oleh pihak Raiser turut aktif menjadi peserta untuk memberikan informasi mengenai ikan-ikan asli/endemik dari Indonesia yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai komoditas ikan hias.

Yang menarik dari expo ini adalah juga diselenggarakannya workshop ikan hias dan edukasi untuk anak. Acara tersebut antara lain berupa acara edukasi berbau ikan hias untuk anak-anak, seperti acara tangkap ikan, outbound dan masih banyak lagi. Tentunya ini juga memberikan sarana rekreasi buat anak-anak. Disaat sang orang tua bertransaksi seputar ikan hias, maka anak-anak tetap bisa gembira dengan bermain aneka game-game menarik yang disediakan panitia. Ayo segera kunjungi expo dan bursa ikan hias tersebut. (Triyanto)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar